UMKM 

Desa Banyubiru sudah maju akan homeindustrinya tercatat 52 UKM , sebagian besar pada bidang olahan makanan . olahan maknannya-pun masih dengan sistem manual . 

Macam-Macam Hasil Produksi

Basreng

jipang

Tempe Keripik

Kembang Gula

Semprong

Tape Ketan

Pothil

Rengginang

Slondok

Rambak

Strategi Pemasaran

Sebuah UKM akan sulit untuk berkembang jika pelaku usahanya tidak mengetahui bagaimana cara memasarkan suatu produk dengan efektif.

Nah, dengan membaca tulisan ini Anda akan lebih memahami terkait bagaimana strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis UKM dan UMKM sehingga anda bisa menjawab beberapa pertanyaan seperti :

  • Bagaimana cara menyusun strategi promosi dalam usaha mikro kecil menengah UMKM yang efektif?
  • Bagaimana cara menyusun strategi promosi dalam kegiatan UMKM?
  • Langkah sederhana atau strategi bisnis UKM terkait promosi seperti apa?
  • Jelaskan secara singkat bagaimana menyusun strategi pemasaran untuk usaha kecil?
  • Bagaimana cara atau strategi marketing untuk UMKM yang baru berkembang?
  • Bagaimana cara menyusun strategi promosi dalam usaha mikro kecil menengah?

Standar produk 

Halal

BPOM

P-IRT

kualitas produk yang aman, bermutu dan bergizi harus bisa dimiliki oleh UMKM melalui penerapan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB). Berdasarkan PerBPOM No.27 Tahun 2017 tentang Pangan Olahan, Setiap Pangan Olahan yang di produksi di dalam negeri atau yang diimpor untuk diperdagangkan dalam kemasan eceran wajib memiliki Izin Edar, kecuali Pangan Olahan yang mempunyai masa simpan kurang dari 7 (tujuh) hari.

Standardisasi yang harus dipenuhi oleh UMKM perlu dijelaskan secara jelas dan rinci, untuk itu Selasa (28/09) BBPOM di Banda Aceh diundang untuk menjadi Narasumber pada kegiatan Pelatihan Standarisasi Produk UMKM Guna Peningkatan Daya Saing Produk Lokal yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja.

Beberapa materi terkait standarisasi pangan dijelaskan oleh narasumber dari berbagai instansi terkait. Pemenuhan Standar Produk Pangan adalah materi yang dibawakan oleh Koordinator Substansi Infokom, Nurlinda Lubis.

Dengan pelatihan ini diharapkan dapat memotivasi para UMKM untuk mendaftarkan produknya dalam rangka registrasi sebelum produknya diedarkan sehingga produk UMKM dapat berdaya saing dan terjamin keamanan, mutu dan gizinya

.

Our Blog